Tips Ringan Cara Melakukan Growl Death Metal Pemula

Vocal growl dalam Death Metal adalah salah satu jenis musik dengan teknik praktik vokal yang paling sulit untuk dilakukan. 

Dibutuhkan skil dan keterampilan khusus, latihan tekun serta disiplin dan tekad, jadi jika lo berpikir lo udah punya skil dasarnya vokal, mungkin beberapa teknik dasar bagi pemula ini ini bisa bikin teknik vocal elo jadi sempurna layaknya vocalis profesional.


Cekicrot………!!!


Pertama, jika pita suara lo belum pernah digunain buat vocal ngegrowl, kan tenggorokan otomatis blom terbiasa.

Jadi lo musti dengan perlahan mulai mempraktekannya dan gak perlu buru-buru secara sepontan teriak-teriak karna bisa membuat masalah pada ternggorokan lo sendiri. 

Mulailah dengan melakukan nyanyian merdu yang normal selama paling nggak sepuluh menit sehari agar tenggorokan lo jadi terbiasa sampai lo berasa ngedapetin perasaan atau feel yang baik untuk jangkauan vokal elo.



Kedua, Lakukan pemanasan dulu sebelum lo ngegrowl. 

Lo coba deh lakuin beberapa vokal lebih monoton terlebih dahulu untuk mendapatkan vokal yang warmed up.


Kemudian mulai dalam, e, i, o, n, u di alto dengan suara naik turun.

Ini akan membuat tenggorokan lo jadi hangat dan cepet geraknya dalam posisi yang berbeda dan semakin menyiapkan tenggorokan lo untuk mengeksekusi chord yang udah lo siapin untuk latihan geraman yang lebih mendalam.


Sambil sesekali diselingi melompat juga bisa membantu kerja sistem pernapasan lo dan pastinya akan memungkinkan paru-paru lo untuk bekerja maksimal. Agar diafragma menjadi keras dan punya ketahanan lebih lama.  


Sekarang lo udah siap untuk mulai ngegrowl. 


Jika lo masih pertama kali ngegrowl, tempatin ibu jari lo dan telunjuk pada bagian paling atas dari bagian depan tenggorokan lo di bagian belakang rahang. 


Trus buka tenggorokan lebar, dan lo akan merasa lidah lo menggulung ke atas. Sekarang keluarin suara "agh" berasa hampir dari bagian belakang tenggorokan lo.

Jika lo merasa tenggorokan bergetar di ujung jari lo, Lo udah ngelakuinnya dengan benar. Geraman lo enggak akan langsung terdengar bersih dan dalem atau brutal seperti juga vokalis idola lo pada awalnya. 


Tetapi jika ini di latih terus menerus dijamin pasti akan membuat teknik vocal lo bakal seperti yang lo mau.



Jika saat latihan berlangsung, lo ngerasain pita suara lo terasa sakit segera maka hentikan! 

Menggeram, meskipun keras, tidak seharusnya merusak atau menyebabkan vokal lo menjadi sakit dan gak nyaman secara fisik. 


Ini harus menjadi perasaan nyaman yang solid, jika tenggorokan lo terasa sakit jangan khawatir, itu sangat alami karna tenggorokan lo memang harus menyesuaikan dengan cara fisik lo bergerak, dan berlatihlah terus secara rutin dengan begitu nantinya rasa tidak nyaman itu akan hilang dengan sendirinya. 

Growling harus dilakukan dengan mendorong udara melalui tenggorokan Lo saat mendistorsi vokal. 


Jangan menggunakan paru-paru lo untuk mendorong keluar udara! Karna lo harus mengisi paru-paru lo udara sebanyak mungkin dan mendorong keluar diafragma, kemudian gunakan diafragma perlahan-lahan untuk mendorong keluar udara.  


Jangan melakukan latihan ini selama lebih dari lima belas menit sehari kecuali lo memang berlatih lagu untuk band lo atau rekaman.

Karena hal ini akan menambah ketegangan pada ciri khas suara lo. 

Untuk menghasilkan Sebuah teknik vokal yang solid dan baik, sebaiknya latihan dilakukan sekitar sepuluh sampai lima belas menit sehari.


Tujuannya untuk membangun menaikan kondisi dan kekuatan suara lo, dan jika lo ngelakuinnya lebih dari itu lo termasuk terlalu berlebihan, dan pasti tau kan efeknya dari sesuatu yang berlebihan ?


Jika lo latihan sesuai dengan petunjuk ringan ini. dan rutin menggunakan teknik ini secara benar, asal tetap menjaga kondisi suara lo dan tidak terlalu memaksakan. 

Maka dalam jangka sebulan lo pasti akan ngedapetin hasil geraman vocal growl yang pasti sesuai dengan yang lo inginkan, so tetep semangat yah latihannya. 

*  *  *

semoga bermanfaat


Sekian

Wassalam 

- Sihlakan Berikan Komentar masukan, saran maupun kritik.
- Berkomentarlah dengan sopan.
- Jangan membalas yang tidak sesuai tema.
- Tidak menyertakan link aktif. thanks ^_^ !!! . (Klik "balas" untuk membalas komentar)
EmoticonEmoticon