Internet Itu apa'an Sih??


Hari gini gak bisa internet-an? Terus g ngerti juga apa itu internet? cape deh, kita kan udah gak di zaman purba lagi (ceilah menghina banget padahal gak pinter-pinter juga yang nulis tapi setidaknya gue tau dikit lah hehe). 

Internet diciptakan untuk tujuan pengetahuan, pengetahuannya-pun dalam arti yang “positif”. Namun di Era Globalisasi ini internet semakin berubah fungsinya, dalam hal ini internet mulai berubah fungsi menjadi negatif, hacker yang merajalela di dunia maya dan beberapa situs yang mengandung SARA. 

Hal ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah karena ini menyangkut generasi muda yang menjadi penerus bangsa, anak-anak di bawah umur bebas memasuki warnet-warnet di dekat rumahnya dan itu pun dengan harga yang terjangkau bagi anak seusia mereka. 

Lagi-lagi pengusaha warnet yang menjadi kuncinya, mereka harus bisa memfilter konten-konten yang ada di dalam dunia maya tersebut, padahal sudah banyak software-software yang bersifat freeware yang sudah bebas di download dan digunakan, namun mereka memilih alasan material di balik ini semua.

Kembali lagi ke internet, Ada banyak kegunaan internet seiring dengan pengetahuan yang semakin maju, maju dan maju terus. 

Simplenya saja kegunaan internet adalah browsing yakni mengunjungi situs-situs di seluruh dunia yang jumlahnya mencapai jutaan (terus gue musti bilang woow gitu?) dan tentunya bukan untuk membuka situs-situs yang belum waktunya kita buka (haha yang ngerasa tuh lagi senyum-senyum), mau cari lagu kesukaan, software, ataupun foto-foto lucu untuk penghias maupun untuk diberikan kepada orang lain, browsing menjadi salah satu medianya. 

Kegunaan yang lain adalah Chatting, kalau yang satu ini sih semua orang pasti sudah tau, soalnya dengan fasilitas ini kita bisa berkomunikasi melalui teks bahkan dengan video menggunakan webcam, kita bisa ngobrol sama orang dari seluruh dunia yang jumlahnya Milyaran, gue ulangin ya MILYARAN!!  Keren gak tuh.

Dan bahkan kita bisa punya sahabat pena dan canggihnya lagi saat ini sudah bisa mengadakan konferensi, meeting maupun kegiatan Multiuser lain hanya dengan menggunakan Webcam tapi itu pun menggunakan Webcam yang canggih juga atau biasa disebut super webcam yang juga pasti memerlukan kocek yang tidak sedikit (yaeyalah hari gini mana ada yang geratiiss, kencing aja bayaar!! Ya gak?!). 

Bagi penggemar Game atau gamer, Zaman sekarang pun akan semakin cinta pada hobi ini, gimana enggak? sekarang sudah banyak dikembangkan Game yang bersifat Online dimana kita bisa “Ngadu” keahlian bermain game yang kita suka, asik kan?. 

Buat para pebisnis pun juga ada salah satu solusinya, yakni dengan menggunakan fasilitas e-mail (Elektronik Mail/ Surat Elektronik), dengan fasilitas ini mereka dapat mengirimkan dokumen penting perusahaan maupun mengundang orang misal untuk menghadiri Rapat atau Konferensi, enak kan!. 

dan terakhir adalah blogging, nah fasilitas ini ditujukan bagi orang yang suka nulis dan curhat, bagi yang punya hobi tersebut wajib hukumnya untuk punya minimal 1 blog (kayak gue ini hehe), ada banyak penyedia fasilitas ini seperti blogdetik, blogger, blogspot dan lain sebagainya dan yang penting semua itu gratis hehe. 

Namun dari semua fasilitas diatas ada satu yang paling diwaspadai, yak benar itu adalah Hacking, kenapa? sebenarnya Hacking bertujuan baik yakni sebagai alat untuk menguji keamanan sebuah software atau yang lainnya. 

Tetapi di lain pihak hacking menjadi sarana untuk berbuat kejahatan seperti meng-crack Software yang harusnya bersifat komersil/ berbayar dimana itu sangat merugikan pihak Developer Software tersebut, kejahatan yang lain pun sama merugikannya seperti meng-Hack sebuah situs untuk mencuri Username dan Password kliennya, dan bahkan baru-baru ini teknologi Hacking pun dapat digunakan untuk membobol sebuah mesin ATM, gilaaaa…..

Yah dari itu semua tergantung kepada pribadi masing-masing, asal kuat Imannya aja, namanya Teknologi semakin maju, kejahatan pasti juga semakin maju untuk mencari celah, seperti apa yang Peter Parker bilang “Semakin Besar Kekuatanmu Akan Semakin Besar Pula Tanggung Jawabmu” tapi kalau teknologi di pakai dengan baik niscaya akan selalau mendapatkan kebaikan dan kegunaan yang sangat bermanfaat untuk sesama.

* * *

Sekian
Wassalam.

This Is The Oldest Page

- Sihlakan Berikan Komentar masukan, saran maupun kritik.
- Berkomentarlah dengan sopan.
- Jangan membalas yang tidak sesuai tema.
- Tidak menyertakan link aktif. thanks ^_^ !!! . (Klik "balas" untuk membalas komentar)
EmoticonEmoticon